Google+ Followers

Sabtu, 09 Maret 2013

Contoh Proposal Kewirausahaan

PROPOSAL USAHA
"CUTE CRAFT"



Disusun oleh :
Puput Puspitasari (26)
XI Akuntansi 3
SMK NEGERI 1 GODEAN YOGYAKARTA
Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, hidayah dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun proposal usaha kami dengan baik dan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.
            Tujuan penyusunan proposal kami adalah dalam rangka menerapkan pelajaran kewirausahaan ke dalam praktek serta untuk memenuhi tugas praktek mata pelajaran kewirausahaan.
            Atas terselesaikannya proposal usaha ini kami mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada :
1.      Bapak Drs. Ery Widaryana, MM. selaku Kepala Sekolah
2.      Guru pembimbing yang telah membantu dalam pembuatan proposal usaha ini
3.      Orang tua yang telah memberikan dukungan baik materi maupun non materi
4.      Teman - teman serta semua pihak yang telah membantu kami yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu.
            Kami menyadari bahwa dalam pembuatan proposal usaha ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Semoga proposal usaha ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.





Godean, 21 Januari 2013



DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN............................................................................................
A.    Identitas Usaha / Perusahaan..............................................................
B.     Visi dan Misi........................................................................................
C.     Tujuan Usaha......................................................................................
BAB II
DISKRIPSI USAHA..........................................................................................
A.    Latar Belakang Usaha..........................................................................
B.     Aktivitas Usaha / Kegiatan Usaha.........................................................
BAB III
PEMASARAN.................................................................................................
A.    Sasaran Pasar / Target Pasar................................................................
B.     Potensi Pasar......................................................................................
C.     Analisa Persaingan..............................................................................
D.    Promosi..............................................................................................
BAB IV
ASPEK TEKNIS...............................................................................................
A.    Struktur Organisasi.............................................................................
B.     Uraian Tugas.......................................................................................
BAB V
ASPEK PRODUKSI..........................................................................................
A.    Lokasi Usaha.......................................................................................
B.     Peralatan yang Digunakan...................................................................
C.     Proses Produksi...................................................................................
BAB VI
ASPEK KEUANGAN........................................................................................
A.    Modal Usaha.......................................................................................
a.     Modal Investasi Awal......................................................................
b.     Modal Kerja...................................................................................
c.      Modal Operasional.........................................................................
d.     Sumber Modal Usaha.....................................................................
B.     Rencana Pendapatan...........................................................................
a.     Rencana Pemasukan.......................................................................
b.     Rencana Pengeluaran.....................................................................
C.     Proyeksi Laba Rugi..............................................................................
PENUTUP      


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Identitas Usaha

        Nama Perusahaan                            :
CUTE CRAFT

         Bidang Usaha                                 :
INDUSTRI

         Jenis Produk                                  :
AKSESORIS

         Alamat Perusahaan                         :
JL.GODEAN KM 5 YOGYAKARTA

         Nomor Telepon Perusahaan           :
(0274) 7007879

         Nama Pemilik Perusahaan              :
PUPUT PUSPITA SARI

         Alamat Pemilik Perusahaan            :
JL. KEBON AGUNG KM 7 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

         Nomor Telepon                             :
081809800708

         Nama Penanggungjawab                 :
OKTA WIYANTO

         Alamat Penanggungjawab               :
GANJURAN, GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

         Nomor Telepon                             :
081808900807


 B.      Visi Dan Misi

Visi           :
Menghasilkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu memberikan pelayanan prima bagi konsumen.
Misi   :
1.        Menggunakan bahan baku yang baik dan bermutu tinggi
2.        Menggunakan tenaga kerja yang handal dan profesional
3.        Menggunakan peralatan yang aman
4.        Menghasilkan produk dengan bahan baku yang mudah didaur ulang
5.        Menarik konsumen dengan produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
6.        Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan / konsumen
7.        Memuaskan konsumen dengan menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat



C.      Tujuan Usaha

1.    Mencari keuntungan / laba yang maksimal
2.    Mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja
3.   Menerapkan pembelajaran teori kewirausahaan ke dalam praktek
4.   Menarik masyarakat untuk berinvestasi dengan “CUTE CRAFT”
5.      Dapat menjaga kelangsungan usaha dan dapat juga mengembangkannya serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat

BAB II
DISKRIPSI USAHA

A.      Latar Belakang Usaha
Sejalan dengan meningkatnya industri perdagangan saat ini, maka cukup       banyak dirasakan dampaknya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, untuk itu kami sebagai kaum Intelektual yang berkepribadian dan berpendidikan sudah sewajarnya menuangkan segala potensi diri, dan daya kreasi. Salah satu cara menekan gejolak kepungan industri barang dari Luar Negeri menurut saya adalah mengembangkan Industri kecil (Home Industri) yang selama ini juga merupakan  komoditas spesifik lokal di beberapa daerah. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi,  karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu daerah.
Kami melihat di jaman sekarang banyak sekali anak-anak dan remaja putri yang menggemari pernak-pernik. Selain karena bentuknya yang lucu-lucu dan unik. pernak-pernik memang sudah menjadi kebutuhan dari penampilan mereka. Oleh karena itu, Kami membuat  berbagai macam pernak – pernik yang terbuat dari bahan Flanel dan manik-manik, yang dikombinasikan dengan bahan bahan lainya sehingga menjadi aksesoris yang digemari masyarakat. Beberapa produk kami antara lain bross, bando, jepit rambut, souvenir dll.
Usaha Aneka Kreasi Kain Flannel yang akan kami dirikan adalah jenis usaha industri rumahan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi aksesoris berbahan baku kain flannel. Alasan kami dalam memilih Usaha Aneka Kreasi Kain Flanel kami berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :
·         Kain flannel memiliki banyak warna sehingga perpaduan warna dari     kain flannel menghasilkan sesuatu yang sangat menarik, selain itu kain flannel juga mudah dibentuk sehingga hasil kreasi dari kain flannel diminati oleh sebagian besar orang

·         Kain flannel merupakan bahan yang murah. Namun, kreasi yang dihasilkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi tergantung dari tingkat kerumitan dan kreativitas pembuat.
Perusahaan kami didirikan pada tanggal 18 November 2012 dengan nama “CUTE CRAFT”.
Perusahaan ini kami didirikan dengan harapan dapat terus mengembangkan kreatifitas yang ada
serta meningkatkan jiwa wirausaha. Perusahaan kami memiliki visi dan misi. Visinya yaitu
menghasilkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu
memberikan pelayanan prima bagi konsumen sedangkan misinya yaitu antara lain menghasilkan
produk dengan bahan baku yang mudah didaur ulang dan menarik konsumen dengan produk –
produk yang unik dengan harga yang relatif terjangkau. Secara umum, tujuan pendirian
perusahaan kami adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan menambah lapangan
kerja serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan meningkat.

B.      Aktivitas Usaha / Kegiatan Usaha
Aktivitas usaha di perusahaan kami antara lain adalah sebagai berikut :
Jam Kerja
Kegiatan Usaha
Pelaksana
07.30 - 08.00
Membersihkan tempat usaha
Pemilik Usaha
08.00 - 12.00
Membuka toko dan menerima / melayani pelanggan
Karyawan bagian penjualan shift 1 dibantu pemilik usaha
12.00 - 12.30
Istirahat, sholat, makan siang (bergiliran), toko tetap buka ditunggu oleh karyawan lain
Karyawan bagian penjualan shift 1
12.30 - 14.00
Pergantian shift 1 ke shift 2
Karyawan bagian penjualan shift 2
15.00 - 20.00
Melayani pelanggan, memberikan informasi produk, konsultasi pemesanan
Karyawan bagian penjualan shift 2
17.00 - 20.00
Melakukan proses produksi
Karyawan bagian produksi
17.00 - 20.00
Melakukan reparasi produk / membuat produk pesanan
Karyawan bagian reparasi / maker













BAB III
PEMASARAN

A.    Sasaran Pasar
Perusahaan kami adalah perusahaan bidang industri yang memasarkan pernak pernik berupa aksesoris yang berkualitas dan disegani masyarakat. Sasaran pemasaran kami yaitu seluruh masyarakat khususnya daerah tempat perusahaan kami yaitu daerah Jl. Godean. Untuk aksesoris berupa pernak pernik kerudung (pin/bros) bergambar kartun lucu bisa untuk anak-anak, sedangkan untuk gantungan kunci bisa untuk remaja ataupun berbagai kalangan masyarakat yang menginginkannya. Tak hanya itu, perusahaan kami juga memproduksi berbagai macam boneka, bando, dan hiasan pintu yang juga terbuat dari kain flanel. Untuk menarik konsumen, perusahaan kami juga menerima pemesanan produk sesuai dengan keinginan konsumen, misalnya gantungan kunci dengan nama konsumen tersebut.

B.     Potensi Pasar
Produksi dalam perusahaan kami cukup besar yaitu sekitar ±300 buah per hari. Penjuaan produk kami dipasarkan di toko-toko terdekat dan masyarakat sekitar. Tak jarang pula perusahaan kami melakukan survei dan kunjungan ke tempat-tempat wisata untuk dapat menambah omset penjualan produk kami. Potensi pasar yang kami miliki cukup besar, karena didukung oleh sasaran pasar kami yaitu para remaja dan anak-anak serta tren mode yang semakin menarik.

C.     Analisa Persaingan
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru, kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses. Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas :
a.     Kekuatan yang dapat mendukung untuk mencapai sasaran usaha (Strength)
·        Membuka toko aksesoris tidak akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut tidak berjalan, karena disini modal pemilik di investasikan dalam bentuk aksesoris flanel, jadi seandainya produk tidak laku dijual, produk tersebut bisa dijual ke tempat lain.
·        Jumlah pengeluaran yang dibutuhkan tidak begitu besar karena sebagian bahan baku bisa diperoleh dari limbah kain dari home industri dan grosiran Aksesoris. Selain itu, bahan baku yang dihasilkan bervariasi dan biayanya terbilang cukup murah.
b.     Kelemahan yang membatasi atau menghambat kemampuan dalam mencapai sasaran usaha (Weakness)
·        Cukup sulit mendapatkan karyawan karena yang dapat menjadi karyawan di perusahaan kami harus mempunyai keinginan yang kuat serta keuletan dan ketelatenan.
·        Banyaknya pesaing yang beroperasi di daerah lain namun sudah cukup terkenal.
·        Jika tidak kreatif dan tidak bersaha mencari model-model aksesoris yang baru maka kami dapat mengalami kerugian yang cukup besar.
c.      Peluang usaha (Opportunity)
·        Peluang terbesar dari perusahaan kami terletak pada peminat/konsumen dan ke strategisan letak usaha kami.
·        Memberikan keuntungan yang maksimal.
·        Permintaan pasar yang meningkat pada perayaan hari-hari tertentu
d.     Hal hal yang dapat mengancam dan membahayakan kegiatan usaha (Threat)
·        Banyaknya jenis usaha yang sama sebagai pesaing
·        Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat
·        Mahalnya biaya iklan yang dibutuhkan untuk memasarkan produk agar menjadi lebih terkenal di kalangan masyarakat.





5 komentar:

  1. mksih tlh mmbtu proposal y
    kapan mbk nylsikn y ...?

    BalasHapus
  2. apiik mbak,sesok aq nyalen lah,.....hehehe

    BalasHapus
  3. Hehehe.. makasih :)
    Iya dulu belum selesai soale tp sekarang udah kok :)

    BalasHapus

Semoga bermanfaat :)